Istilah & Jargon Dalam Dunia Marketing Beserta Penjelasannya

Adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan. Adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan. Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk. Digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang dibeli oleh pemasang iklan melalui sistem CPA, CPC atau CPT.

Serta yang kedia adalah lalu lintas dari organik melalui SEO adalah lalu lintas yang gratis, sedangkan PPC memiliki biaya untuk setiap klik, ini jelas, karena PPC adalah akronim dari Pay per click. Iklan berbayar ini akan sangat mudah Anda deteksi dan lihat dari hasil pencarian mesin pencari. Biasanya akan tertera label Ads atau iklan, atau diberi warna latar belakang yang berbeda daripada hasil pencarian yang natural.

Strategi ini tergolong efektif untuk mengkonversikan pelanggan yang sebelumnya memang sudah tertarik dengan produk atau brand Anda menjadi bentuk penjualan. Dengan cara ini peluang orang-orang kembali mengunjungi lapak produk Anda di e-commerce atau sebuah website akan semakin besar. Iklan pay per click dari Facebook Ads juga dapat Anda pertimbangkan, mengingat banyaknya pengguna Facebook di Indonesia. Berdasarkan riset yang dirilis KataData, Indonesia menyumbang 130 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2017. Artinya lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan Facebook. Selain itu, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 23 menit per hari di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.

Berhati-hatilah karena tarif CPV biasanya nominalnya kecil, meskipun begitu jangan sampai salah mengira bahwa CPV adalah CPM karena dapat menghabiskan anggaran Anda dalam waktu singkat. Ingat CPV Cost Per View atau biaya per tayangan dan bukan CPM atau biaya per seribu tayangan. Pemasaran Kontekstual sangat dipersonalisasi, pesan pemasaran akan dikirim ke konsumen secara tepat waktu dan diposisikan secara strategis. Ini lebih efisien dibandingkan Anda “membombardir” mereka dengan pesan pemasaran yang sebenarnya tidak mereka inginkan.

Agar budget terpakai secara maksimal, sistem adwords akan membantu mengatur budget anda secara optimal. Iklan yang terdapat pada google adwords akan tersusun kedalam campaign dan ad group. Sebagian survei pengujian prototipe dimulai dengan mengkomunikasikan prototipe produk dan kemudian mengukur respoons pelanggan. Pengujian prototipe juga dapat menilai potensi penjualan produk dan pengumpulan informasi dari pelanggan untuk perbaikan prototipe produk.